Senin, 27 Mei 2013

MODUL VII (Array Bagian-1)

7.1 Elemen Array 



Program untuk mengisi dan menampilkan element nilai pada array dengan menggunakan perulangan atau looping. Dimana pertama-tama akan ditampilkan dulu nilai yang akan diisi pada masing-masing array dengan perulangan “for (int C=0; C<10; C++)” dan menampilkannya dan menginputkannya dengan “cout << "Elemen [" << C << "] = ";” dan “cin >> Nama_Array [C];”. Kemudian akan ditampilkan nilai dari masing-masing element array yaitu dengan cara perulangan  for (int D = 0; D<10;D++) dan menampilkannya dengan cara “cout << D+1 <<" = " <<Nama_Array[D] << endl;”.



7.2 Inisialisasi Array





Program diatas merupakan program inisialisasi array. Pengisian elemen array secara langsung berguna untuk bila pada elemen array bersangkutan tidak diisi dengan nilai baru. Di program dilakukan inisialisasi array berjumlah 5 dimana akan ditampilkan nilai elemen array awal kemudian selanjutkan akan dilakukan perubahan nilai element array dan ditampilkan lagi hasil dari perubahan nilai elemen array tersebut.  





7.3  Pencarian Nilai Array





Program untuk menampilkan nilai array dari masing-masing indeks yang diinputkan. Di dalam pencarian nilai array dilakukan dengan cara perulangan atau looping. Pertama-tama array akan di inputkan terlebih dahulu dengan terdiri dari 10 indeks array yang kemudian akan ditampilkan hasil dari pencarian array yang akan dicari dari masing-masing indeks array.



7.4   Array Karakter





Program diatas dijelaskan mengenai penghitungan jumlah karakter pada array. Ada 2 penulisan dalam mendeklarasi karakter array yaitu dengan “char NAMAKU [6] = {'H','A','S','Y','A','\0'};” atau “char NAMAMU [6] = "TASYA";”. Karakter “\0” disebut dengan karakter null, yaitu karakter yang digunakan sebagai terminator dari sebuah string pada pemrograman C++. Di program diatas menggunakan tipe data char mana ukurannya adalah 1 byte sehingga ukuran memori yang dibutuhkan untuk pendeklarasiannya adalah 6 byte.
 

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com