C STANDARD LIBRARY, FUNGSI DAN VARIABEL
Nama : Andry Fajar Zulkarnain
No.Reg: 49013005 / mod 0
Pembuatan Kalkulator Sederhana
Deskripsi:
Pada listing program diatas disuruh membuat program kalkulator dimana hasil inputannya berupa:penjumlahan,pengurangan,pembagian,perkalian,cos,sin,tan,exponen, luas segitiga,luas lingkaran,luas segiempat,akar kuadrat, dan pembulatan baik (keatas maupun kebawah). Dalam penghitungannya disini menggunakan fungsi dari library (math.h) dimana merupakan sebuah library yang berfungsi mencari fungsi penghitungan matematika.
Dalam pengerjaan listing program juga menggunakan “Fungsi” yang berguna agar listing program yang dibuat menjadi terstruktur dan mudah mengindefikasi jika ada kesalahan.Adapun penggunaan “fungsi” disini diantaranya : untuk fungsi inputan dan fungsi penghitungan.
Dalam pengerjaan listing program juga menggunakan “Fungsi” yang berguna agar listing program yang dibuat menjadi terstruktur dan mudah mengindefikasi jika ada kesalahan.Adapun penggunaan “fungsi” disini diantaranya : untuk fungsi inputan dan fungsi penghitungan.
Source Code:
#include <stdio.h>//library input-output
#include <stdlib.h>//library sistem jeda
#include <math.h>//library penghitungan matematika
int kal;//variabel tipe data menu penghitungan
void menu();//prototype fungsi
void kalkulator ();//prototype fungsi
int main (void){
menu();//fungsi menu
kalkulator();//fungsi penghitungan
system("pause");
return 0;
}
void menu (){//dekalarasi fungsi menu
printf(" =====Aplikasi Kalkulator=====\n\n");//menu kalkulator
printf(" 1. Penjumlahan\n");
printf(" 2. Pengurangan\n");
printf(" 3. Perkalian\n");
printf(" 4. Pembagian\n");
printf(" 5. Hitung Cos\n");
printf(" 6. Hitung Sin\n");
printf(" 7. Hitung Tan\n");
printf(" 8. Hitung Exp\n");
printf(" 9.Luas Segitiga\n");
printf(" 10.Luas Lingkaran\n");
printf(" 11.Luas Segiempat\n");
printf(" 12.Akar Kuadrat\n");
printf(" 13.Pembulatan\n\n");
printf("==============================================\n");
printf("Pilihan Menu Hitung= ");
scanf("%d",&kal);
printf("==============================================\n");
}
void kalkulator (){ //deklarasi fungsi penghitungan
float a,b,sudut;///variabel tipe data di dalam fungsi kalkulator.ex:a,b & sudut
float tambah,kurang,bagi,kali,h_cos,h_sin,h_tan,
exponen,ls3,ll,ls4,akar,bulat,bulat1;//variabel tipe data operasi penghitungan
switch (kal){
case 1:
//Penjumlahan
printf("Menu Penjumlahan\n");
printf("Inputkan 1 = " );
scanf("%f",&a);
printf("Inputkan 2 = ");
scanf("%f",&b);
tambah = a+b;
printf("Hasil dari Penjumlahan = %.0f\n",tambah);
break;
case 2:
//Pengurangan
printf("Menu Pengurangan\n");
printf("Inputkan 1 = " );
scanf("%f",&a);
printf("Inputkan 2 = ");
scanf("%f",&b);
kurang = a-b;
printf("Hasil dari Pengurangan = %.0f\n",kurang);
break;
case 3:
//Pembagian
printf("Menu Pembagian\n");
printf("Inputkan 1 = " );
scanf("%f",&a);
printf("Inputkan 2 = ");
scanf("%f",&b);
bagi = a/b;
printf("Hasil dari Perkalian = %.3f\n",bagi);
break;
case 4:
//Perkalian
printf("Menu Perkalian\n");
printf("Inputkan 1 = " );
scanf("%f",&a);
printf("Inputkan 2 = ");
scanf("%f",&b);
kali = a*b;
printf("Hasil dari Perkalian = %.f\n",kali);
break;
case 5:
//cos
printf("Menu Hitung Cos(x)\n");
printf("Inputkan Sudut = " );
scanf("%f",&sudut);
h_cos= cos(sudut*3.14/180);
printf("Hasil dari cos %.0f = %.3f\n",sudut,h_cos);
break;
case 6:
//sin
printf("Menu Hitung Sin(x)\n");
printf("Inputkan Sudut = " );
scanf("%f",&sudut);
h_sin= sin(sudut*3.14/180);
printf("Hasil dari sin %.0f = %.3f\n",sudut,h_sin);
break;
case 7:
//tan
printf("Menu Hitung Tan(x)\n");
printf("Inputkan Sudut = " );
scanf("%f",&sudut);
h_tan= tan(sudut*3.14/180);
printf("Hasil dari tan %.0f = %.3f\n",sudut,h_tan);
break;
case 8:
//exponen
printf("Menu Hitung Exponen\n");
printf("Inputkan Bilangan = " );
scanf("%f",&a);
exponen= exp(a);
printf("Hasil dari exponen = %.3f\n",exponen);
break;
case 9:
//luas Segitiga
printf("Menu Hitung Luas Segitiga\n");
printf("Inputkan Alas = " );
scanf("%f",&a);
printf("Inputkan Tinggi = ");
scanf("%f",&b);
ls3= a*b/2;
printf("Hasil dari Luas Segitiga = %.0f\n",ls3);
break;
case 10:
//luas Lingkaran
printf("Menu Hitung Luas Lingkaran\n");
printf("Inputkan Jari-Jari = " );
scanf("%f",&a);
ll = 3.14*a*a;
printf("Hasil dari Luas Lingkaran = %.0f\n",ll);
break;
case 11:
//luas Segiempat
printf("Menu Hitung Luas Segiempat\n");
printf("Inputkan Sisi = " );
scanf("%f",&a);
ll = a*a;
printf("Hasil dari Luas Segiempat = %.0f\n",ll);
break;
case 12:
//Akar Kuadrat
printf("Menu Hitung Akar Kuadrat\n");
printf("Inputkan Bilangan = " );
scanf("%f",&a);
akar = sqrt(a);
printf("Hasil dari Akar Kuadrat = %.3f\n",akar);
break;
case 13:
//Pembulatan
printf("Menu Hitung Pembulatan (Keatas & Kebawah)\n");
printf("Inputkan Bilangan = " );
scanf("%f",&a);
if (a<= 0.5){
bulat = ceil(a);
}else {
bulat =floor(a);
printf("Hasil dari Pembulatan = %.0f\n",a);
}
break;
default:
printf("Anda Tidak Memilih Pada Menu Yang Tersedia/n");
}
}
*Terima Kasih*
0 komentar:
Posting Komentar